Ikan Roa (dalam bahasa inggrisnya Garfish) lebih dikenal berasal dari daerah Sulawesi Utara atau Manado dan sekitarnya. Karena memang tidak hidup di seluruh wilayah perairan Indonesia. Perairan pantai menjadi habitatnya dan umumnya terdistribusi di wilayah perairan Indo-Pasifik dan wilayah perairan Australia bagian utara.

Bentuk tubuhnya unik dan indah, di bagian mulutnya memiliki bentuk seperti paruh yang panjang dengan permukaan yang halus mengkilap berwarna perak dan hitam. Banyak orang menyangka kalau ikan roa adalah ikan cucut (swordfish) atau ikan terbang (flyingfish). Mungkin karena dilihat dari bentuknya yang hampir sama.

Di daerah asal Manado, ikan ini umumnya dipasarkan sudah diawetkan terlebih dahulu yaitu dengan cara pengasapan. Cara pengawetan ini untuk mengurangi kadar air tanpa menghilangkan nilai gizinya sehingga ikan dapat tahan lebih lama atau daya awetnya lebih panjang. Ikan roa asap (galafea : kata orang Manado) berwarna coklat emas muda, licin dan mengkilat. Bau dan aromanya khas yaitu bau asap yang sedap dan merangsang selera.
 
-Sambel #RoaJuDes-
Advertisements